Mata Kuliah

Pelayanan Publik

Sarjana (S1) Administrasi Publik
Semester : 4
SKS : 3

Deskripsi Mata Kuliah

Pelayanan Publik adalah mata kuliah yang dirancang untuk mahasiswa Program Studi Administrasi Publik yang mempelajari konsep, teori, dan praktik dalam penyelenggaraan layanan kepada masyarakat. Fokus utama mata kuliah ini adalah memahami bagaimana pemerintah dan lembaga-lembaga publik lainnya memberikan pelayanan yang efektif, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Capaian Pembelajaran Lulusan

CPL 7

Menguasai konsep pelayanan publik, governansi dan pembangunan, pemerintah daerah, serta governansi digital.

CPL 8

Mampu mengorganisasikan kegiatan pelayanan publik dan pembangunan, baik organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang memenuhi kepentingan publik yang berintegritas.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah

CPMK 1
  • Mampu memahami dan menjelaskan konsep dasar dan paradigma dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik.
CPMK 2
  • Mampu mengembangkan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
CPMK 3
  • Mampu menganalisis tantangan dan permasalahan dalam penerapan kebijakan pelayanan publik.
CPMK 4
  • Memberikan keterampilan praktis kepada mahasiswa untuk  mendesain reformasi dan inovasi dalam proses pelayanan publik.