Profil Program Studi S1 Administrasi Publik
Pada tahun 1985, program studi Ilmu Administrasi Negara FISIP memperoleh status terdaftar berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor: 070/0/1985 dan diperbaharui dengan SK Depdikbud Nomor: 0395/0/1986 pada tanggal 23 Mei 1986.
Tahun 2003, berdasarkan Evaluasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Nomor: SK.BAN NO.005/BAN-PT/AK-VI/3-1/III/2003, program studi Ilmu Administrasi Negara memperoleh akreditasi predikat B. Hingga tahun 2014, berdasarkan Evaluasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Nomor: SK BAN-PT No.462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 menerangkan bahwa Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara mendapatkan Kualifikasi Adkreditasi Status Program Studi dengan Nilai B.
Pada 22 Oktober 2019, berdasarkan Evaluasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Nomor: 3992/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2019, Program Studi Ilmu Administrasi Negara terakreditasi Predikat B. Pada tahun yang sama, melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 506/KPT/I/2019, terjadi perubahan nama Program Studi di lingkungan universitas. Di FISIP, perubahan nama terjadi pada Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara menjadi S1 Administrasi Publik. Seiring dengan perubahan nama Program Studi, maka terbit SK akreditasi baru dari Evaluasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Nomor: 1593/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/IV/2023, Program Studi S1 Administrasi Publik terakreditasi B.
Visi
Terwujudnya Program Studi S1 Administrasi Publik yang berkarakter, unggul dan kompeten untuk berdaya saing nasional dalam bidang administrasi publik dan perubahan sosial berbasis kearifan lokal pada tahun 2027.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, unggul, kompeten, dan berdaya saing dalam bidang administrasi publik dan perubahan sosial berbasis kearifan lokal.
- Menyelenggarakan penelitian yang unggul berbasis kompetensi administrasi publik dan perubahan sosial berbasis kearifan lokal dalam rangka meningkatkan nilai pembaruan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis kearifan lokal.
- Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam bidang administrasi publik dan perubahan sosial berbasis kearifan lokal dengan memnafaatkan keunggulan penelitian sebagai upaya mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.
- Mengembangkan organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola yang baik (good faculty governance), sehingga mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis berbasis kearifan lokal.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten di bidang administrasi publik dan perubahan sosial berbasis kearifan lokal.
- Terselenggaranya penelitian berbasis kearifan lokal.
- Menghasilkan penelitian untuk pengembangan ilmu administrasi publik dan perubahan sosial dengan fokus pada isu-isu publik dan bidang sosial, budaya dan politik berbasis kearifan lokal.
- Terselenggaranya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis roadmap Pengabdian kepada Masyarakat.
- Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bidang administrasi publik dan perubahan sosial berbasis kearifan lokal.
- Terwujudnya tata kelola fakultas yang baik, akuntabel, transparan dan berkelanjutan.
- Terwujudnya pengembangan jejaring kemitraan dalam dan luar negeri.
Sasaran Strategi
- Meningkatnya mutu kurikulum pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, unggul, kompeten dan berdaya saing.
- Meningkatnya kualitas proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter, unggul, kompeten dan berdaya saing.
- Meningkatnya kualitas dan kuantitas integrasi kegiatan penelitian dan PkM dalam pembelajaran.
- Meningkatnya layanan akademik untuk mendukung hasil pembelajaran inovatif.
- Meningkatnya kualitas dan kuantitas input mahasiswa baru.
- Meningkatnya kualitas dan kuantitas prestasi mahasiswa.
- Meningkatnya Layanan Kemahasiswaan.
- Meningkatnya daya saing dan karakter lulusan.
- Meningkatnya relevansi penelitian yang memiliki daya saing untuk meningkatkan nilai pembaruan ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial.
- Meningkatnya produktivitas penelitian dan pengembangan hasil penelitian yang memiliki daya saing untuk meningkatkan nilai pembaruan ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial.
- Meningkatnya relevansi PkM dengan memanfaatkan keunggulan penelitian sebagai upaya mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.
- Meningkatnya produktivitas PkM dan pengembangan hasil PkM dengan memanfaatkan keunggulan penelitian sebagai upaya mendukung pembangunan nasional berkelanjutan.
- Meningkatnya relevansi VMTS fakultas dalam rangka mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis.
- Meningkatnya mutu tata kelola organisasi dalam rangka mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis.
- Meningkatnya relevansi kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategi.
- Meningkatnya jumlah dosen yang berkegiatan di luar kampus.
- Meningkatnya jumlah dosen yang menjadi praktisi mengajar di dalam Kampus.
- Meningkatnya kualitas dan kuantitas kerjasama di dalam dan di luar negeri dalam rangka mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis.
Profil Lulusan Sarjana Administrasi Publik
No |
Profil Lulusan |
Deskripsi |
1 |
Peneliti Bidang Administrasi Publik pada Jenjang Pertama |
Melakukan penelitian dalam bidang Administrasi Publik beserta perkembangannya sesuai dengan era industrialisasi 4.0 dan society 5.0 dalam ruang lingkup dan kompleksitas tertentu dengan menggunakan metode dan kaidah ilmiah. |
2 |
Analis Kebijakan Jenjang Pertama |
Mengolah informasi sebagai pendukung penyusunan rekomendasi kebijakan untuk menyelesaikan masalah kebijakan dalam ruang lingkup dan kompleksitas tertentu menggunakan metode dan kaidah ilmiah. |
3 |
Administrator/Manajer Sektor Publik Jenjang Pertama |
Memimpin dan mengelola organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang menjalankan nilai-nilai publik. |
4 |
Pelaksana Urusan Publik |
Menjadi pelaksana kegiatan, berupa pelayanan publik dan pembangunan, atau government relations berbasis digital, pada organisasi pemerintah, swasta, nirlaba, atau badan usaha milik pemerintah yang mengelola kepentingan publik. |
Struktur Kurikulum S1 Administrasi Publik
Semester 1
Semester 2
Semester 3
Semester 4
Semester 5
Semester 6
Semester 7
Semester 8
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
Jenis MK |
Syarat |
SA8262 |
Skripsi
|
6 |
Wajib Prodi |
- |
Akreditasi S1 Administrasi Publik
No |
Nomor SK |
Akreditasi |
Tahun |
Download |
1 |
6180/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/S/X/2024 |
B |
2024 |
|
2 |
1593/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/IV/2023 |
B |
2019 |
|
3 |
462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 |
B |
2014 |
|
4 |
021/BAN-PT/Ak-XI/S1/IX/2008 |
B |
2008 |
|
5 |
05368/Ak-VI-S1-005/UKRISN/III/2003 |
B |
2003 |
|